Recent Posts

Contributors

Abu Cek Bukhari (Tgk Bukhari bin Sanusi) Ulama Ahli Faraid yang Sangat Rendah Hati

Saturday 23 June 2018
Abu Cek Bukhari (duduk di tengah) Foto: Koleksi penulis




" Bapak na geujak moto?" (Bapak narik gak hari ini?)

Itu pertanyaan yang beliau ajukan setiap saya berkunjung. Tgk Bukhari Muslim atau biasa disapa dengan panggilan Abu Cek ini adalah abang kandung tertua bapak. Kami memanggil beliau dengan nama Abua Teungku. Saudara kandung bapak lainnya memanggil dengan nama Bang Yek (Abang Rayek - Abang Tertua). Saya tidak tahu bahwa beliau adalah seorang ulama yang memiliki ilmu yang luas, hingga saya beranjak dewasa. Tepatnya saat mulai akrab dengan dunia pesantren.

Memang saat saya masih belajar di sekolah dasar, orang-orang telah menceritakan hal tersebut. Tetapi bagi saya, beliau tetap sebagai orang tua yang setiap hari raya, masuk dalam daftar pemberi THR terbanyak. Saya tidak pernah menemukan tampilan fisik yang memberi tanda bahwa beliau adalah orang alim di kabupaten Pidie. Saya tidak pernah melihat beliau mengenakan rida', baju koko, atau bahkan jubah sekalipun.

Pakaian beliau sangat sederhana, kain sarung, kemeja lengan panjang, dan kopiah hitam. Sebelum mempunyai sepeda motor, beliau menggunakan sepeda ke tempat-tempat pengajian. Suatu malam, di meja makan, almarhum bapak bercerita awal mula kisah Tgk Bukhari Muslim ini menuntut ilmu. Abu Cek adalah seorang pemuda yang sangat menggemari olahraga sepak bola. Hingga beliau dimarahi ibu, karena melalaikan jadwal belajar ilmu agama di Pesantren Lampoh Pande, Reubee. Ibunda sangat marah. Abu Cek sampai tidak berani lagi pulang ke rumah dan akhirnya menetap di Pesantren Lampoh Pande.

Almarhum bapak berkisah jika beliau mengantarkan nasi untuk makan sehari-hari Abu Cek. Setelah sekian lama di Lampoh Pande, Abu Cek pun melanjutkan kembara ilmu beliau ke MUDI Mesra Samalanga. Di sana beliau belajar dengan giat. Tiada waktu yang beliau sia-siakan. Setiap kesempatan beliau gunakan untuk mengulang pelajaran dan muthala'ah kitab. Abi Jakfar Sidiq, wakil pimpinan pesantren Darul Huda Lhoknibong bercerita kepada saya, saat beliau masih belajar di Samalanga, beliau pernah satu bilik dengan Tgk Bukhari Muslim. Abi Jakfar mengisahkan bahwa Abu Cek setiap saat sibuk membaca kitab. Apabila ada santri yang masuk ke bilik beliau tapi tidak membaca kitab, beliau tidak segan-segan untuk menyuruh keluar dan menyuruh mereka untuk mengulang pelajaran.

"Beliau sangat alim dan rendah diri, apapun yang kita tanya beliau bisa menjawabnya" kisah Abi Jakfar saat saya mengunjungi beliau bersama rombongan dayah Mishbahul Huda. Abu Cek adalah panutan masyarakat Reubee khususnya, dan masyarakat Pidie umunya. Beliau tidak pernah meninggikan suara, apalagi berkata kasar. Salah satu kalimat yang saya ingat ketika beliau menjawab pertanyaan yang dilontarkan kepada beliau adalah "Meunan geukheun" (begitu dikatakan). Maksud beliau, begitu termaktub dalam kitab. Beliau tidak pernah menganggap bahwa apa yang beliau ketahui itu berasal dari kepintaran beliau, tetapi itu adalah ilmu dari ulama-ulama yang terdahulu. Beliau hanya perantara saja.

Foto : Koleksi penulis


Abu Cek terkenal ahli di dalam ilmu faraid, pembagian harta pusaka. Sebuah kejadian menarik pernah beliau alami ketika membagi harta pusaka di Reubee. Bapak bercerita, Abu Cek pernah dimaki dengan kata kotor oleh pihak keluarga yang beliau bagikan harta warisan karena merasa dirugikan, tetapi beliau hanya tersenyum dan tidak membalasnya.

Setelah belajar lama di MUDI Mesra Samalanga, beliau kemudian mengikuti jejak gurunya, Almarhum Tgk H Ibrahim Bardan ke Panton Labu. Di sana, beliau membantu Abu Panton (Tgk H Ibrahim Bardan) mengajar. Menurut cerita bapak, beberapa bilik yang ada di pesantren Malikussaleh Panton Labu adalah hasil rancangan Abu Cek Bukhari. Selain alim, beliau juga seorang arsitek. Rumah yang beliau tempati sekarang adalah hasil karya beliau sendiri. Ini merupakan tipikal ulama yang rendah diri. Saya teringat apa yang pernah dikatakan oleh Abu Lhoknibong (Tgk.H.M. Daud Ahmad)

Meunyo ureung droen awak jak beut watee neuwoe u gampong ka hanjeut le neutren u blang atau neumat catok, nyan suet kupiah-kupiah ngon surban, neujak keunoe keulayi. Bah ta beut beupanyang lom

(Jika para santri saat kembali ke kampung halaman merasa tidak layak lagi untuk turun bekerja ke sawah, balik kembali ke sini untuk mengaji lebih lama lagi). Ulama dayah tidak mengajarkan bahwa ilmu menjadi penghalang bagi kita untuk menjadi manusia biasa. Mereka sangat menolak membanggakan diri dengan ilmu yang mereka miliki. Itulah kenapa mereka sangat diterima di dalam masyarakat Aceh dan begitu dicintai.


Nama Abu Cek begitu dikenal oleh masyarakat di kabupaten Pidie. Tapi saya yakin kalian tidak akan menyangka bahwa itu beliau, jika berjumpa langsung. Pakaian yang sederhana dan terkesan itu-itu saja, selalu melekat pada badan yang mulia tersebut. Kadang, saya sendiri malu untuk menyatakan diri paling agamis. Beliau saja yang luas ilmunya, sangat sederhana dalam berpakaian dan bertutur kata. Semoga ulama seperti beliau terus diberi kesehatan dan umur panjang agar bisa menjadi panutan kita dan tempat kita belajar ilmu agama.

No comments:

Post a Comment